IMPLEMENTASI METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM SISTEM E-LEARNING PADA SMK KARYA BHAKTI 2 BEKASI UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SISWA

Authors

  • Elkin Rilvani STT Pelita Bangsa
  • Nur Hasim STT Pelita Bangsa

Abstract

Salah satu yang bisa diimplementasikan dalam proses pembelajaran adalah Sistem Informasi Electronic Learning (E-Learning). E-Learning dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh melalui teknologi internet dan juga dapat dianggap sebagai suatu bentuk pembelajaran yang fleksibel. Salah satu faktor yang mempengaruhi pembelajaran siswa adalah peran orang tua. Sekolah perlu mempunyai hubungan yang harmonis dengan orang tua. Interaksi yang intensif sangat diperlukan setiap orang tua siswa untuk memonitoring perkembangan pembelajaran anak mereka di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah Dengan sistem E- Learning dapat memudahkan orang tua mengetahui kehadiran dan proses pembelajaran siswa di sekolah. Dengan menggunakan sistem E-Learning proses kegiatan belajar mengajar menjadi tidak terbatas. Serta orang tua bisa monitoring dan melakukan evaluasi terhadap perkembangan pembelajaran anak setiap hari. Metode Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi untuk memperoleh, menganalisa data, untuk kemudian digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan (dalam hal ini siswa, guru dan orang tua siswa), dengan demikian akan tercipta suatu pandangan yang komprehensif dan hubungan yang lebih baik dengan orang tua. Pembuatan sistem E-Learning menggunakan Object Oriented Programming, bahasa pemodelan yang digunakan adalah Unified Modeling Language. Sedang untuk pengembangan sistem E- Learning menggunakan Prototyping. Pengujian kelayakan sistem sistem menggunakan pengujian Black Box dengan tahapan pengujian Alpha dan Beta. Parameter pengujian CRM dilakukan dengan penghitungan nilai servqual. Hasil dari penelitian ini Sistem E-Learning bisa digunakan oleh siswa, guru dan orang tua dengan dengan kategori penilaian bagus berdasarkan ketentuan dari rating scale dimana dapat dilihat dari nilai aktual servqual untuk semua pertanyaan yaitu 79.24%.

Published

2019-12-29