Implementasi Algoritma Apriori Untuk Prediksi Penjualan Produk Packaging Di Pt. Printec Perkasa Ii

Authors

  • U. Darmanto Soer STT Pelita Bangsa
  • Bina Karyana Lumban Batu STT Pelita Bangsa

Abstract

Abstraksi

Seiring perkembangan jaman yang semakin maju,peranan teknologi informasi dalam dunia bisnis masa kini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Teknologi Data Mining atau penambangan data ini dapat membantu sebuah perusahaan untuk menemukan pengetahuan-pengetahuan baru, yang dapat membantu dalam pengaturan strategi bisnis. Informasi yang diperoleh dari proses penambangan data dapat membantu pelaku bisnis dalam meningkatkan proses bisnis dan membuat keputusan bisnis.Promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan. Untuk menentukan dan mengembangkan promosi agar lebih terarah dan tepat sasaran, perusahaan perlu mengidentifikasi pasar sasaran. Salah satu cara untuk mengenali kondisi pasar adalah mengetahui produk yang sering terjual, yang dapat diamati melalui data-data purchase order . Algoritma apriori dapat dimamfaatkan dalam proses penjualan , dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah produk packaging yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Pihak perusahaan dapat memamfaatkan informasi tersebut untuk mengambil tindakan bisnis yang sesuai, dalam hal ini informasi dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan strategi penjualan selanjutnya.Dengan menggunakan metode data mining yaitu association rule dan algoritma apriori, dihasilkan aturan asosiasi yang menunjukkan pola pembelian konsumen dan seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lain dengan pengujian memakai tool aplikasi tanagra.

Kata kunci: Algoritma Apriori, Tanagra, Data mining, data purchase order.

Downloads

Published

2019-03-29

Issue

Section

Articles