Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Penjualan Produk Pada Minimarket Studi Kasus Indomaret Ruko Ventura

Penulis

  • Nurhadi Surojuddin1 STT Pelita Bangsa
  • Khoerrudin Khoerrudin STT Pelita Bangsa

Abstrak

Toko Indomaret di ruko Ventura merupakan salah satu toko yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari.Setiap hari terjadi transaksi penjualan berbagai item barang. Akan tetapi managemen Indomaret tidak mengetahui pasangan barang yang sering dibeli oleh konsumen secara bersamaan sehingga sering terjadi kurangnya stok pada item-item yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen. Teknik data mining telah banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada salah satunya dengan penerapan algoritma Apriori guna mendapatkan informasi tentang asosiasi antar produk dari suatu database transaksi. Data transaksi took dapat diolah kembali menggunakan aplikasi data mining sehingga menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuatantar item-item penjualan sehingga bias member rekomendasi penyetokan barang di took terlebih barang-barang yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen dan meningkatnya barang yang dijual di toko.

Kata Kunci :Toko minimarket, transaksi penjualan, data mining, algoritma Apriori.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-06-13

Terbitan

Bagian

Articles