Implementasi Web Service Dengan Metode Representational State Transfer (Rest) Untuk Sistem In Formasi Sales Order Berbasis Mobile

Authors

  • Sufajar Butsianto Universitas Pelita Bangsa
  • Aris Iskianto Universitas Pelita Bangsa

Abstract

  1. Essei Perbama adalah Perusahan yang bergerak dibidang distributor barang yaitu Saos, Biskut dan makanan ringan lainya. Pada distributor barang di PT. Essei Perbama masih menggunakan proses manual yaitu sales datang ke toko-toko / Agen untuk menawarkan produk dan mencatat data pemesanan barang dengan menggunakan kertas, kemudian memberikan data pemesananya ke admin ketika selesai keliling toko pada waktu sore hari ketika jam kerja berakhir. Ketidakefektivan itu karena masih menggunakan pencatatan manual dan admin harus menunggu sales datang ke perusahaan. Metodologi pengembengan sistem yang digunakan untuk pengembangan sistem membuat aplikasi mobile dan web ini yaitu metode SDLC, sedangkan metode untuk implementasikan web service yaitu metode Representational state transfer (REST) yang dibangun dengan menggunakan framework ionic hybrid apps yang dapat berjalan diapliksi mobile dan web dengan memanfaatkan Google Firebase sebagai web service dan realtime database. Hasil penelitian ini adalah membuat aplikasi berbasis mobile dan web dengan mengimplementasikan web service maka sales dan admin dapat terintegrasi meskipun berbeda platform sehingga mempermudah kinerja sales dalam melakukan pemesanan barang kepada admin. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa implementasi web service dalam pengembangan aplikasi mobile dan web dapat digunakan untuk solusi pada aplikasi sales order untuk menghubungkan dengan database terpusat meskipun berbeda platform.

Kata kunci : sales order, aplikasi mobile, sistem informasi, SDLC, web service, framework ionic, firebase, realtime database.

Downloads

Published

2019-09-28