Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Penerimaan Calon Atlet Pusat Pendidikan Dan Latihan Pelajar Cabang Olahraga Pencak Silat (Studi Kasus Ipsi Kabupaten Bekasi)

Authors

  • Nurhadi Surojudin Universitas Pelita Bangsa
  • Abdul Halim Anshor Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Pencak silat adalah olahraga bela diri yang telah ada di indonesia sejak lama dan terpelihara hingga saat ini. Prestasi adalah tujuan akhir dari proses pelatihan yang dijalani atlet olahraga pencak silat. Pemilihan atlet yang berkompetensi merupakan awal dari proses menciptakan atlet yang berprestasi. Setiap kelompok atau organisasi melakukan seleksi terhadap calon atlet yang akan dibina menjadi atlet yang menghasilkan prestasi. Seleksi dapat dilakukan dengan menggunakan pendukung keputusan, maka di perlukan adanya penilaian yang akurat salah satunya menggunakan Algoritma. Algoritma adalah suatu urutan atau alur yang dipakai dalam perhitungan atau pemecahan masalah.

Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data calon atlet cabang olahraga pencak silat kabuapten bekasi masih berupa raw data, yang berisi atribut nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, usia, berat badan (Kg), tinggi badan (Cm), nilai IMT, massa otot, massa lemak, dan keterangan. Kemudian data yang akan digali yaitu nilai dari setiap kriteria tersebut menjadi patokan untuk menilai kelayakan calon atlet. Dengan mengamati persoalan diatas data mining dengan metode naive bayes sangat tepat digunakan untuk menghasilkan Knowledge kelompok prioritas diantara ratusan data calon atlet pencak silat studi kasus IPSI. Adapun data yang akan dijadikan sebagai data training yaitu sebanyak 700 record data, data training digunakan untuk melakukan proses pelatihan algoritma terhadap dataset untuk menghasilkan suatu klasifikasi. Sedangkan data testing digunakan untuk melakukan pengujian terhadap proses klasifikasi yang digunakan algoritma terhadap dataset.

Data mining, Algoritma C4.5, Pencak Silat, Atlit

Downloads

Published

2023-04-01