Analisa Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma C4.5 Pada PT. Cahaya Indotama Engineering

Authors

  • Candra Naya Universitas Pelita Bangsa
  • Arif Siswandi Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/sigma.v13i4.2237

Abstract

Dalam penelitian ini kepuasan pelanggan menjadi salah satu penilaian terhadap produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Salah satu hal yang penting dalam pengelolaan pelanggan adalah bagaimana suatu perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang dimilikinya. Kepuasan pelanggan merupakan perasaan senang atau kecewa seorang yang merupakan hasil dari analisa kepuasan pelanggan melalui kuesioner para pelanggan. Maka, metode klasifikasi mampu menemukan model yang mampu memprediksi dan menentukan kelas dari kepuasan pelanggan dengan data training yang telah diperoleh, Algoritma C4.5 adalah algoritma klasifikasi data dengan teknik pohon keputusan yang terkenal dan disukai karena memiliki kelebihan-kelebihan. Kelebihan ini misalnya dapat mengolah data numeric dan diskret,  dapat menangani nilai atribut yang hilang, yang menghasilkan aturan-aturan mudah  diinterpretasikan dan tercepat diantara algoritma yang lainnya untuk memprediksi kepuasan pelanggan dengan hasil penelitian menggunakan metode C4.5 termasuk algoritma yang akurat untuk memprediksi karena hasil akurasi menggunakan RapidMiner menyatakan tingkat accuracy, precision, dan recal C4.5 memiliki tingkat accuracy 86,11%, precision 89,02% dan recall 92,40%.

Kata kunci : Data mining, Algoritma C4.5, Klasifikasi, Kepuasan pelanggan

Downloads

Published

2023-04-01