PENGENALAN PENGARUH SUARA KONSONAN TERHADAP VOKAL MENGGUNAKAN MFCC (MEL-FREQUENCY CEPSTRUM COEFFICIENTS) DAN SVM (SUPPORT VECTOR MACHINE)

  • Makmun Effendi

Abstract

Suara merupakan alat komunikasi paling mendasar bagi manusia. Saat ini, suara tidak hanya digunakan untuk komunikasi antar manusia tetapi juga digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat-perangkat teknologi, oleh sebab itu topik pengenalan suara  semakin berkembang.


Penelitian yang dilakukan adalah untuk menyederhanakan pengenal ucapan yang bertujuan untuk mengenali pengaruh konsonan terhadap vokal dengan memanfaatkan informasi disekitar ucapan konsonan dan vokal  tersebut.


Metode Penelitian yang digunakan dalam membangun sistem pengenalan suara ini berdasarkan konsonan yang telah di pengaruhi oleh vokal dengan menggunakan MFCC (Mel-frequency cepstrum coefficients) dan SVM (Support Vektor Machine) algoritma. Hal yang dilakukan untuk mengenali konsonan dengan cara merekam suara vokal terlebih dahulu dan setelah itu merekam konsonan dari beberapa orang dan hasil rekamannya dicatat dan dilatih mengetahui seberapa besar konsonan terhadap vokal dapat dikenali.

Published
2019-03-05
How to Cite
EFFENDI, Makmun. PENGENALAN PENGARUH SUARA KONSONAN TERHADAP VOKAL MENGGUNAKAN MFCC (MEL-FREQUENCY CEPSTRUM COEFFICIENTS) DAN SVM (SUPPORT VECTOR MACHINE). Pelita Teknologi, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 56-63, mar. 2019. ISSN 2656-7059. Available at: <https://www.jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/pelitatekno/article/view/215>. Date accessed: 27 feb. 2021.